Senin, 17 Februari 2014

My Garbages #1

My Garbages bakalan berisi curhatan-curhatan gak jelas saya – boleh dibilang sampah. Mungkin gak ada yang baca, mungkin ada dikit yang baca. Buat yang baca, terserah mau menghakimi saya seperti apapun yang kamu mau. Buat yang baca, dan ngerasain hal yg sama kayak saya, cheer up. Buat yang baca, dan bisa tersenyum/ sedikit terhibur setelah baca, saya bersyukur dan ikut senang juga untuk itu.

Aku baru aja nonton satu episode lagi seri Jalan-jalan Men. Iya, itu, yang dua orang cowok cewek pacaran sambil keliling Indonesia dan menemukan tempat-tempat keren. Aku suka banget sama serial itu. Serial itu ngebantu aku banget buat lebih mengenal Indonesia – terutama budaya dan alamnya, yg EPIC AS HELL HEAVEN, dengan cara yang FUN banget. Serial ini tuh sebenarnya kalau dipikir-pikir, lebih ke arah pendidikan gitu, tapi gak kerasa dan gak ngebosenin, ya karena dikemas dalam FUN tadi.

Serial itu bikin aku sadar dan terharu banget akan alam Indonesia yang ‘lebay’, kalau kata Jebraw, si host. Tapi aku setuju. Alam Indonesia itu emang lebay abis. Aku yakin, gak ada tempat lain di dunia ini yang alam dan budayanya sekaya, seindah, dan seberagam Indonesia. Kita mau nyari apapun di Indonesia, semuanya ada di sini. Gunung, laut, pantai, sawah, danau, sungai, terumbu karang, gua, dan maaacem macem semua ada di Indonesia. Gak ada yang gak bisa kita lakuin di sini, dengan kekayaan alam seperti itu. Aku bersyukur banget dilahirkan di Indonesia dan jadi orang asli Indonesia.

Tapi di sisi lain, aku juga agak sedih. Karena, aku ngeliat orang lain yang menemukan semua itu – semua kekayaan alam itu, dan sampai sekarang aku cuma bisa duduk di depan laptop dan terpesona. Bukan aku sendiri yang menikmati dan menemukan semua harta karun yang luar biasa itu. Mau gimana lagi. Kalau mau ditanya kenapa, bakalan panjang dan complicated banget jawabannya. Mulai dari aku dilahirkan sebagai cewek dan anak tunggal yang gak bisa dapet ijin gampang untuk pergi ke mana-mana. Kemudian, mungkin aku diijinin, tapi aku gak tau gimana caranya mau pergi. Naik apa, sama siapa. Jujur, aku anak rumahan. Temanku gak terlalu banyak dan mayoritas cewek – yang keadaannya juga sama kayak aku bahkan, lebih parah dari aku, soal dapetin ijin dari orang tua, walaupun mereka bukan anak tunggal. Aku gak punya teman cowok yang deket dan akrab banget yang bisa diandelin dan bisa aku ajakin jalan-jalan ke tempat jauh.Belum lagi aku masih anak kuliahan yang gak kerja, jadi belum bisa ngebiayain diri sendiri buat jalan-jalan kayak gitu. Jadi masih tergantung orang tua. Kalo udah gitu, gak bisa dong seenaknya sama orang tua.

Ngomong-ngomong orang tua. Yap, aku bisa aja jalan-jalan ke tempat-tempat itu sama orang tuaku. Tapi, kenyataannya.. Orangtuaku kelihatannya sama sekali gak tertarik buat pergi menjelajah alam. Gak tau ya, mungkin karena mereka udah tua, jadi stok sifat ‘passionate’ mereka udah hampir abis, mereka juga jadi gampang capek (butuh banyak tenaga kan buat pergi ke tempat-tempat jauh), atau mungkin mereka juga gak suka menjelajah alam. Mereka mungkin bukan tipe penjelajah alam. Jadi gak ada interest buat pergi ke tempat-tempat kayak tadi.

Mungkin alasanku terdengar konyol, kekanak-kanakan, manja, lemes, atau apapun lah. Tapi itu bener. It does happen. Sumpah, mungkin kalo ada orang lain yang baca ini, kalian mungkin akan ketawa dan mikir ‘alesan apaan tuh’ atau ‘ih payah, kuper banget’ ‘rumahan abis’. Mungkin kalian juga nganggep aku kurang usaha, gak mau usaha bergaul dan sebagainya
*atau sebenernya itu semua pikiranku sendiri lol

Semua hal itu bikin aku jadi mikir, hmm aku bahkan bingung mau nulisin apa.

Pokoknya aku mikir sekarang. Kalau aku bakalan berusaha sebaik-baiknya di kuliahku sekarang. Aku akan belajar sebaik-baiknya, dapet ilmu, dapet nilai bagus, dan sebagainya. Dan lulus dengan memuaskan. Dapet kerja – mungkin sesuai rencana, jadi pengacara. Mungkin diikutin ambil S2 dan S3 juga. Pekerjaanku bakalan aku lakukan dengan sebaik-baiknya. Intinya, aku harus sukses.

Dan semua itu, gak bakalan aku lakuin di sini, di Kota Malang. Aku harus pergi dari Kota Malang setelah aku lulus jadi sarjana hukum. Aku harus keluar dari rumahku, dari kamarku. Aku harus keluar, merantau, dan dapat kehidupanku sendiri. Film kehidupanku yang aku tulis sendiri,bukan oleh orang lain, bahkan orang tuaku.

Dan orang tuaku HARUS MENDUKUNG ITU.

Saat  itulah, mimpi-mimpi itu bakal aku wujudkan. Travelling, berpetualang. Mulai dari tempat-tempat yang dekat, nanti lama-lama bisa ke lebih banyak tempat lagi.

Mungkin aku gak kayak banyak orang waktu mereka kuliah. Ikut banyak kegiatan, berorganisasi, bergaul, eksis, berkompetisi untuk berprestasi dan memimpin, ikut kegiatan sosial, bahkan melatih berpolitik sejak dini – tapi mungkin aku gak gitu. Mungkin, aku juga ikut satu dua kegiatan, satu organisasi, tapi aku gak akan sepassionate mereka menjadi ‘mahasiswa sejati’. Aku mau belajar aja, cukup, belajar. Menjaga amanah orangtuaku, belajar yang bener. Dengan cara apapun. Tapi caraku sendiri. Mungkin gak sama dengan cara kalian, cara mereka, tapi ya ini caraku, ini jalanku, so what?

Aku mau ikut arus aja. Aku mau ngikutin arah yang ditunjukkin sama hatiku aja – bukan yang ditunjukkin sama kehidupan orang lain, yang mungkin bakal bikin aku ngerasa iri, ngerasa kalah, ngerasa gak lebih baik, kehidupan yang gak bakalan aku dapatkan. Ya karena memang kehidupan itu bukan buat aku.

Aku cuma mau ngelakuin apa yang aku suka. Aku cuma mau ngelakuin apa yang sesuai sama minatku – walaupun berarti aku harus ngelakuin itu sendirian. Aku mau hidup dipimpin sama hasratku dan naluriku, bukan sama pengaruh orang lain.

Mungkin ini terdengar seperti pembelaan akan kehidupanku yang membosankan. Hell, no, siapa bilang hidupku membosankan. Aku bersyukur aja lah, sama hidup yang aku miliki sekarang. Dan ini bukan pembelaan. Ini kenyataan. Ini yang seharusnya aku lakuin. Bersyukur atas kehidupanku sendiri dan gak termakan pengaruh orang lain. Semembosankan apapun itu kelihatannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar