Jumat, 12 Oktober 2012

LOVE, LOVE, LOVE

Cinta,  cinta, cinta.
Cinta itu sebetulnya karunia dari Allah. Cinta sama halnya dengan semua hal-hal di dunia ini, pada waktu dibuat, dilahirkan, atau diciptakan, semuanya berdasarkan tujuan baik. Manusia pun begitu. Semua manusia waktu dilahirkan, semuanya adalah orang baik. Gak ada manusia yang diciptakan untuk jadi jahat. Makanya, ada kata-kata, "kejahatan itu tidak dilahirkan, tetapi diciptakan". Percaya deh, gak ada koruptor yang emang punya cita-cita jadi koruptor. Pasti awalnya dari kepepet, kepaksa dilakuin, akhirnya ketagihan.

Balik lagi deh ke cinta.
Kalo orang bilang mahadaya cinta, cinta itu buta, bikin sakit, bikin galau, bisa bikin orang jadi gila, bikin orang rela mati, dsb. hmmm. Gatau ya, menurut saya sih, itu gak begitu bener. Saya percaya, cinta diciptakan oleh Allah bukan untuk menyakiti manusia. Cinta, seperti halnya nafsu, bisa kita dikendalikan, kalau kita mau. Bukan dipaksakan lho ya, bukan dipaksakan untuk ada atau tidak ada. Tetapi DIKENDALIKAN.

Manusia itu makhluk paling sempurna karena memiliki tiga hal lengkap yang tidak dimiliki oleh makhluk lain. Hewan cuma punya hawa nafsu. Malaikat cuma punya akal dan hati nurani. Setan cuma punya akal dan hawa nafsu. Manusia punya tiga-tiganya. Alangkah baiknya kalo tiga hal ini seimbang terus, bisa dikontrol dengan baik oleh kita, manusia.

Masalah cinta lagi. Kita emang gak bisa milih ya, cinta itu kita kasih buat siapa, cinta itu mau kita adain kapan. Saya gak tau, saya juga bingung, apa Allah juga yang menciptakan rasa cinta itu, atau semua cuma ada aja secara alami, kayak insting gitu. Tapi ini cinta yang bener-bener cinta lho ya, bukan cinta 'terselubung'. Misalnya ngomongnya cinta, padahal cuma cinta sama duitnya, atau cuma cinta sama gantengnya atau cantiknya aja, atau sama ngetop nya aja. Banyak lho.
Kalian semua udah prnah ngerasain suka atau sayang yang bener-bener belum? Atau cinta tak bersyarat namanya. Cinta tak bersyarat inilah yang terasa seperti ini. Yang sering dibilang orang 'mahadaya'. Gak tau darimana, kapan, atau kenapa datengnya. Tiba-tiba suka aja, terus jadi sayang aja, cinta aja.
Cinta tak bersyarat ini berlaku bagi orangtua ke anaknya :)

Nah, masalahnya cinta ini sangaaaat berpotensi menjerumuskan kita ke dalam hal yang negatif. Karena cinta itu diciptakan persis di tengah-tengah tiga hal yang dimiliki manusia tadi: akal, hati, nafsu. Seolah-olah cinta ini kayak ada di ujung tebing, tinggal jatuhnya mau ke mana aja, tergantung manusianya aja.
Kalau jatuhnya ke nafsu, paaaasti negatif. Bunuh diri gara-gara diputusin, tawuran gara-gara rebutan cewek, atau sampe *naudzubillah* hamil di luar nikah, itu semua apa kalo gak gara-gara nafsu. Hati nurani doang gak pake akal juga bisa jatuh ke negatif lho. Misalnya, nnnggg  istilahnya tuh "diperbudak". Orang bisa diperbudak karena hati nuraninya dimanfaatkan, oleh 'pihak tak bertanggung jawab', krn sebenarnya dia orang baik, yang gak pernah mikir-mikir kalo mau bantu orang. Tuh, akalnya gak main kan? Tapi akal doang, gak ada hati nurani repot juga. Ntar kebanyakan mikirin diri sendiri, kebanyakan perhitungan kalo mau nolong orang.

Makanya itu tadi kendalikanlah sebisa mungkin cinta itu dengan baik. Dan jangan pernah mengutuk yang namanya cinta, cinta itu sakit, dsb. Karena itu tadi, cinta gak diciptakan sama Allah untuk menyakiti manusia, tapi sebaliknya, sebenarnya untuk membahagiakan manusia.
Tapi karena kita punya tiga hal tadi, jadinya cinta itu jadi ujian buat manusia :)

Buat yang masih galau galau, tenang aja, itu alami kok, pernah dialami semua orang. Asal tadi, kendalikan. Jangan galau, terus sakit lah, apa lah. Curhat gak tau tempat lah.

Buat yang punya pasangan, diarahkan lah, cinta itu ke hal-hal yang baik-baik aja. Jangan gampang kebawa nafsu.
Buat yang baru putus, tenang aja, semua luka pasti bakal sembuh kok, asal jangan kebanyakan dikorek-korek ;)
Buat yang dikhianati, terserah mau beri kesempatan lagi atau tidak kepada pasangan anda, silahkan tanyakan hati nurani anda, dan jangan pernah menyesali keputusan itu :)
Buat yang jomblo, hehehe, semua bakal indah pada waktunya kok guys ;)
*masalahnya saya sendiri jomblo


LOVE is very very abstract, but, it always sounds nice, isn't it?
Love, loving, lovely, lovable. Haha :D
So, instead of saying "love hurts" or "love sucks", let's say "love teach me these new lessons :)".
Love is the one that will heal the pain anyway, right?

Love your life, live your love.

Peace :D

*tidak ada pendapat yang salah kan? yang ada hanya penyampaian yang salah, bener gak?*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar